Home » , » Cara Wudhu Yang Benar

Cara Wudhu Yang Benar

Tata Cara Wudhu Yang Benar
Bagaimana Cara Wudhu yang benar? Apakah Wudhu kita sudah sesuai untuk syarat syah nya Sholat? Baca ini Tata Cara wudhu yang benar agar kita selamat.Seperti yang kita ketahui Wudhu adalah salah satu syarat sah nya Sholat. Jika wudhu tidak sempurna maka sholat kita kemungkinan besar tidak akan diterima oleh Allah SWT .

Arti wudhu adalah Bersih dan Indah, atau secara syariat wudhu adalah membersihkan diri pada anggota badan tertentu dari hadast kecil menggunakan air yang dilakukan dengan cara yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW dan ulama pewaris nabi.

Wudhu merupakan salah satu persiapan awal dan syarat ketika seorang muslim hendak Sholat, baik itu Sholat wajib, maupun Sholat sunnah. O iya saya sempat menuliskan tentang salah satu Sholat sunnah yang bisa dibaca diisni : Sholat qobliyah dan Ba'diyah .

Perihal Cara berWudlu yang benar sebelum Sholat ini di terangkan di dalam firman Allah SWT di Al Qur’an Surat Al Maidah ayat 6 yang artinya sebagai berikut :

“Wahai orang-orang yang beriman ketika kamu akan melaksanakan Sholat, maka basuh lah mukamu, tanganmu sampai dengan siku, dan sapu lah kepala mu dan basuh lah kaki mu sampai dengan kedua mata kaki.” ( Al-Maa’idah ayat 6 )

Dalam artikel Cara wudlu yang benar ini, saya mengambil dari rujukan dari Ustad yang bermazhab kepada Imam Syafi’I yang merupakan mazhab fikih terbesar di Indonesia. Di dalam tata cara wudhu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya Syarat sah nya wudhu,Rukun wudlu,yang membatalkan wudhu dan sunnah-sunnah saat wudhu.

Syarat Sah Wudhu


Syarat sah nya wudhu ada 5 perkara, yaitu:

1. Beragama Islam

2. Sudah Tamyiz, yaitu seseorang yang sudah mampu membedakan antara yang baik dan benar.

3. Tidak sedang berhadast besar (Contoh hadats besar:  Junub, habis ngimpi besar, datang bulan/haid)

4. Wudhu harus dengan air yang suci dan mencucikan. Contoh air yang suci dan mencucikan (Air Mutlak): Air Laut, air sungai yang bersih, air hujan, air kolam yang lebih dari 3 kullah, air pancuran air yang berjalan, air terjun, air mata air, air pompa.
Berhati-hati dengan air yang dipakai untuk berwudlu merupakan salah satu usaha kita menuju kepada sholat yang sempurna.

5. Ketika berwudlu, tidak ada benda apapun yang menghalangi air wudhu untuk sampai kepada anggota wudhu. Misalnya ada cat atau lem yang menempel di kulit. Termasuk Tato (maka berhati-hati lah wahai anak muda, jangan sampai pakai tato yah...ntar wudhu anda tidak sah, sehingga sholat pun tidak sah.

Rukun Wudhu

Untuk Tata Cara Wudhu yang benar ,perlu diketahui bahwa Rukun Wudhu ada 6 perkara, harus diperhatikan agar jangan sampai terlewat dan harus benar pelaksanaanya. Sebaiknya minta nasehat atau pelajaran langsung kepada Ustad terdekat untuk minta diberikan contoh praktek wudhu yang benar, Karena saya melihat banyak kaum Muslimin yang wudhu nya asal saja, tidak memenuhi rukun wudhu. Contohnya yang asal saja: membasuh wajah yang sekedar basah, atau menyapu tangan yang tidak merata dan lain-lain .Meskipun ada yang bilang membasuh disini hanya sekedar mengalirkan air ke bagian anggota wudhu, tapi saya pribadi lebih yakin dengan membasuh dengan cara mengusap kan bagian wudhu itu dengan telapak tangan kita sembari membersihkan nya.

Baiklah, ini dia 6 perkara Rukun wudhu:

  1. Niat untuk wudhu : “ Nawaitul Wudhu ‘a Lirof ‘il hadatsil Asghori Fadhol Lillahi Ta’ala”
  2. Membasuh Muka: Batas2 nya: Dimulai dari batas tumbuh nya rambut kepala atas sampai bawah dagu, dan dari telinga kanan hingga ke telinga kiri.
  3. Membasuh kedua tangan. Batas-batas nya: Dari mulai jari tangan sampai dengan sikut, termasuk juga kuku dan bawah kuku. Yang pakai cutex (Pewarna kuku) wudhu nya tidak sah. Ayo segera dihapus itu cutex nya.
  4. Mengusap Kepala. Batas-batas nya: Sebagian kepala atas dekat ubun-ubun, atas rambut kepala walau hanya selebar ubun-ubun.
  5. Membasuh kedua kaki. Batas-batas nya:  Mulai dari ujung jari-jari kaki sampai mata kaki.
  6. Harus tertib: Harus berurutan sesuai dengan urutan di atas. Jangan di bolak balik, misalnya basuh kaki dulu baru tangan dan lain-lain.


Sunat-sunat wudhu

Di bawah ini adalah termasuk hal yang Sunnah di dalam pelaksanaan wudhu.

  • Membaca Bismilah sebelum wudhu
  • Mencuci telapak tangan ( Sebelum niat wudhu)
  • Berkumur
  • Basuh lubang hidung
  • Mengusap seluruh rambut
  • Mengusap telinga
  • Mendahulukan bagian kanan dari yang kiri pada bagian anggota tubuh
  • Membasuh tiga kali
  • Memasukkan jari tangan ke jari2 kaki atau ke jari-tangan lain
  • Membaca do’a sesudah wudhu


Ini dia Do’a setelah wudhu :


Ashadu alla Ilaaha Ilallah Wah dahu Laa Syarikalah.Wa asyhadu anna Muhammadan Abduhu Wa Rosuuluh. Allohummaj 'Alni Minattawwabiina Waj 'alni minal Mutathohhiriin . Waj 'alni min ibaadikashshoolihiin.


Hal Yang Membatalkan Wudhu

Setelah wudhu sudah sempurna, perlu juga diketahui apa saja yang dapat membatalkan wudhu. Yaitu:

1.Ada sesuatu yang keluar dari kubul (Penis, vagina dan dubur) misalnya: air kencing, cacing kremi, kentut, kotoran, nanah, ulat dan lain-lain yang walaupun tidak disengaja. Terkecuali air mani yang tidak membatalkan Wudhu. Tapi kalau mau Sholat , harus mandi junub dulu yah.Karena syarat sah nya Sholat adalah suci hadast besar dan hadast kecil.

2.Tidur atau tertidur tanpa merapatkan tempat duduknya.

3.Hilang akal. Misalnya Gila,pingsan,mabuk.

4.Bersentuhan kulit laki-laki dengan kulit perempuan yang telah akil baligh secara langsung tanpa ada batas semisal kain tebal atau kertas dan lain-lain.yaitu antara perempuan dan lelaki yang bukan muhrim.Termasuk antara suami dengan Istri.

5.Tersentuh nya telapak tangan bagian dalam termasuk jari bagian dalam dengan kemaluan (Dubur dan alat vital) yaitu kemaluan orang laki atau perempuan, baik yang telah baligh maupun anak kecil, baik yang masih hidup maupun kemaluan orang mati. Namun yang wudhu nya batal hanya lah orang yang menyentuh, sedangkan yang disentuh tidak batal. Kecuali tentu, antara yang bukan muhrim seperti pada no.4 di atas.

Nah..saya cukupkan pertemuan di Hari Jum’at yang agung ini dengan bahasan Cara wudhu yang benar menurut syariat Islam. Semoga ibadah kita diterima Allah SWT , sehingga kita selamat dunia dan akhirat.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Visitors

Followers